Hanya Dalam 3 Dekade, Wajah Bumi Langsung Berubah Drastis!

Ditulis oleh:
- -

Saat ini Google telah merilis animasi yang menunjukkan perubahan yang sangat drastis wajah Bumi dalam tiga dekade. Animasi ini dibuat berdasarkan data satelit Landsat, yang bekerja sama dengan Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA), Badan Geologi AS (USGS), dan TIME.

Jumeira Palm Island di Dubai

"Hari ini, kita membuka kemungkinan bagi Anda untuk kembali ke masa lalu dan mendapatkan perspektif sejarah bagaimana tentang perubahan Bumi dari masa ke masa," kata Rebecca Moore, manager rekayasa Google, seperti dikutip Daily Mail, (12/5/13).

"Bekerja sama dengan USGS, NASA, dan TIME, kami merilis citra Bumi lebih dari seperempat abad yang diambil dari antariksa, untuk kali pertama dikompilasi dalam format time-lapse interaktif. Kami percaya ini ialah citra perubahan Bumi paling lengkap yang bisa dinikmati publik," tambahnya.
Citra yang pertama menyuguhkan perubahan yang terjadi di Dubai. Pada tahun 1984, wilayah pantai Dubai masih alami. Akan tetapi, seiring dengan pengembangan wilayah, kini ada pulau artifisial bernama Pulau Palem di kawasan pantainya. Tampak, wilayah sekitar pantai juga mengalami perkembangan properti pesat.




Citra dibawah ini menyuguhkan gambaran yang memprihatinkan tentang kondisi Gletser Columbia di Alaska. Es terus menyusut. Di citra lainnya, disuguhkan juga perubahan pada gurun-gurun di Arab Saudi yang kini teririgasi oleh air dari lapisan akuifer.



Deforestasi menjadi gambaran lain yang disuguhkan. Animasi Google menunjukkan bahwa wilayah hutan Amazon semakin menyusut akibat pembangunan jalan, penebangan, dan konversi hutan menjadi lahan pertanian.



Terlihat animasi Google yang menunjukkan mengeringnya Danau Urmia di Iran. Pemerintah Iran menunjuk perubahan iklim sebagai penyebabnya. Sementara itu, kritikus Pemerintah Iran mengungkapkan bahwa mengeringnya danau adalah akibat pembangunan dam.



Dan yang terakhir, animasi Google juga menunjukkan apa yang terjadi di kota-kota besar dunia. Google mengambil salah satu contoh Las Vegas. Animasi ini menyuguhkan gambaran ledakan populasi manusia dan dampaknya pada perubahan wajah kota.



Animasi-animasi ini mulai digarap tahun 2009 lalu, disaat Google bekerja sama dengan USGS. Google memilih citra terbaik dari 2.068.467 gambar hasil pencitraan Landsat yang kapasitas totalnya mencapai 909 terabit.

Pihak Google mengungkapkan bahwa, animasi yang dirilis tidak hanya mengagumkan. Namun diharapkan, animasi bisa membuat manusia berpikir tentang apa yang akan terjadi pada Bumi, bagaimana manusia hidup di masa depan, dan apa langkah yang harus dilakukan. 

Demikian artikel tentang Hanya Dalam 3 Dekade, Wajah Bumi Langsung Berubah Drastis! Rating: 5 Reviewer: Unknown - ItemReviewed: Hanya Dalam 3 Dekade, Wajah Bumi Langsung Berubah Drastis!. Jangan lupa untuk berkunjung kembali. Hello My name is Agus Wandi, but people call me Wandi. Here is my homepage: aneh-unik-seru.blogspot.com. I live in Indonesian, NM and work as an CEO at Aneh Unik. Agus Wandi—Artikel Review Rating: 5 out of 5 based on 7899999 reviews. Situs yang paling banyak memberi informasi penting, unik, dan menarik.