5 Pahatan Patung Unik Yang Paling Tersohor di Muka Bumi

Ditulis oleh:
- -

Seperti yang telah kita ketahui sebelumnya bahwa patung adalah sebuah karya seni yang memiliki keindahan yang luar biasa. Tidak sembarang orang dapat membuat patung yang bernilai seni yang tinggi. Berbeda dengan menggambar, memahat patung membutuhkan keahlian tersendiri. 

Sebaiknya kita harus memperhatikan semua aspek untuk menjadikan pahatan patung menjadi indah dan bernilai. Selain dari keindahannya, ternyata patung-patung ini juga memiliki filosof dan makna yang tersimpan dari setiap detail bentuk pahatannya. Nah, berikut ini kami sampaikan pahatan patung yang di kenal di seluruh dunia.

1. The Thinker
Merupakan patung yang memiliki nama asli ‘The Poet’. Nama tersebut diubah menjadi The Thinker karena disesuaikan dengan perkambangan zaman. Tidak seperti dua patung yang telah disebut diatas dimana pembuatnya tidak diketahui, pembuat patung The Thinker ini bernama Auguste Rodin. 


Sebenarnya The Thinker ini menggambarkan seorang pria telanjang yang sedang duduk merenungkan puisinya. Namun makna sebenarnya dari pembuatan patung ini belum diketahui hingga sekarang.

2. Pieta
Sebenarnya patung pieta ini merupakan salah satu mahakarya terbesar dari seniman Michelangelo (1475-1564). Melalui pahatan patung Pieta ini, Michelangelo yang tadinya hanya seniman biasa yang tidak terkenal, langsung melejit namanya. 


Pada saat Michelangelo berusia 20 tahun, dia diminta untuk membuat patung Pieta ini. Selama 2 tahun Michelangelo berusaha dengan keras untuk membuat patung Pieta ini menggunakan lempengan marmer. Patung Pieta ini menggambarkan seorang wanita yaitu Bunda Maria yang sedang memangku putranya yang tidak lain adalah Yesus.

3. Lady Justice
Patung yang memiliki nama ini ‘Scales of Justice’ dan ‘Blind Justice’ merupakan salah satu patung yang terkenal di seluruh dunia. Patung yang lebih dikenal dengan nama ‘Lady Justice’ ini tidak dikaitkan dengan seniman yang membuatnya dikarenakan patung ini banyak digunakan dan diletakkan di depan gedung pengadilan di beberapa wilayah. 


Patung Lady Justice ini pun dijadikan simbol dari hukum itu sendiri. Pada zaman Romawi dan Yunani Kuno, patung Lady Justice ini digambarkan sebagai Dewi Keadilan dan Hukum karena bentuknya yang menyerupai seorang wanita yang membawa pedang dan timbangan.

4. David
Ini adalah patung yang dibuat pada zaman Renaissance sekitar tahun 1501 sampai 1504. Mahakarya patung David ini adalah hasil karya dari seniman Michelangelo. Patung David ini merupakan patung yang dipahat berbentuk seorang pria telanjang yang sedang berdiri dengan gagahnya. Patung David ini memiliki tinggi 5,17 meter. 


Patung David ini digambarkan sebagai Daud. Namun sekarang di tempat patung ini ditemukan hanya terdapat replika patung saja. Patung David yang asli dipindahkan ke Gallery Akademi di Florence pada tahun 1873 untuk menghindari kerusakan dari salah satu mahakarya terbesar ini.

5. Venus de Milo
Sementara Venus de Milo merupakan patung yang dibuat sekitar tahun 100 dan 130 sebelum masehi. Tidak diketahui siapa pembuat patung ini, namun menurut beberapa sumber, patung ini dibuat oleh Bangsa Romawi. 


Patung Venus de Milo ini adalah patung yang dipercayai oleh beberapa orang sebagai penggambaran Aphrodite(Venus versi Romawi) atau yang sering disebut dewi cinta dan kecantikan dari Yunani.
Demikian artikel tentang 5 Pahatan Patung Unik Yang Paling Tersohor di Muka Bumi Rating: 5 Reviewer: Anonymous - ItemReviewed: 5 Pahatan Patung Unik Yang Paling Tersohor di Muka Bumi. Jangan lupa untuk berkunjung kembali. Hello My name is Agus Wandi, but people call me Wandi. Here is my homepage: aneh-unik-seru.blogspot.com. I live in Indonesian, NM and work as an CEO at Aneh Unik. Agus Wandi—Artikel Review Rating: 5 out of 5 based on 7899999 reviews. Situs yang paling banyak memberi informasi penting, unik, dan menarik.