10 Fakta Terbaru Tentang Ngorok Yang Jarang Diketahui Oleh Banyak Orang

Ditulis oleh:
- -


Sungguh kasihan orang-orang yang harus tidur di sekitar para pendengkur alias tukang ngorokSebenarnya suara bising saat mendengkur atau ngorok itu dihasilkan oleh getaran udara yang melewati jaringan di mulut, hidung atau tenggorokan. Ada banyak hal yang bisa memicu dengkuran, mulai dari leher yang tebal, lemak di sekitar tenggorokan, tidur telentang, hingga penyempitan jalan napas.


10 Fakta Terbaru Tentang Ngorok Yang Jarang Diketahui Oleh Banyak Orang


Namun, kali ini yang akan dibahas adalah fakta-fakta unik dan menarik dari ngorok, apa sajakah itu? Daripada penasaran, sebaiknya langsung simak yang berikut ini.

1. Kelebihan berat badan menyebabkan mendengkur
Benar. Kelebihan berat badan sangat umum di kalangan pendengkur. Hal ini karena lemak yang terbentuk di sekitar tenggorokan dapat menyempitkan saluran udara. Selain itu, lemak di perut dapat menyebabkan diafragma berfungsi tidak teratur.

2. Merokok tidak menyebabkan mendengkur
Salah. Asap rokok dapat menginfeksi jaringan tenggorokan yang menimbulkan bengkak. Hal ini menyebabkan penyempitan saluran udara dan membuat orang mendengkur.

3. Satu dari lima penduduk dunia mendengkur
Benar. Diperkirakan lebih dari satu milyar orang di seluruh dunia mendengkur saat tidur karena berbagai sebab.

4. Intensitas mendengkur dapat mencapai 90 desibel
Benar. Setara dengan suara yang dihasilkan oleh sebuah truk yang melaju di jalan raya.

5. Pria dan wanita sama banyaknya yang mendengkur
Salah. Lebih banyak pria yang mendengkur dibandingkan wanita, perbandingannya adalah 80 persen laki-laki dan 20 persen perempuan. Alasannya terkait dengan distribusi kelebihan berat badan pada pria yang menumpuk di dada dan leher sehingga menyebabkan penyempitan saluran udara. Kelebihan berat badan pada wanita umumnya menumpuk di pinggul. Pria juga memiliki leher lebih besar daripada wanita. Lingkar leher 40 cm atau lebih cenderung membuat orang mendengkur.

6. Mendengkur dapat menandakan penyakit
Benar. Mendengkur dapat merupakan gejala obstructive sleep apnea (OSA), gangguan umum dan berpotensi serius di mana nafas berulang kali berhenti dan berlanjut saat Anda tidur. Seseorang dengansleep apnea sering bangun malam untuk bernafas, tetapi biasanya tidak mengingatnya.  Sleep apneaseringkali tidak disadari tetapi sangat berbahaya bagi kesehatan karena menyebabkan kurang tidur, kekurangan oksigen, depresi dan meningkatkan risiko serangan jantung dan stroke.

7. Radang amandel (tonsilitis) menyebabkan anak-anak mendengkur
Benar. Salah satu ciri anak yang terkena radang amandel (tonsilitis) adalah mendengkur waktu tidur.

8. Pada usia 50, perempuan yang mendengkur sama banyaknya dengan laki-laki.
Benar. Karena proses penuaan, wanita kehilangan otot dan lemak di daerah tenggorokannya. Lidah, pangkal tenggorokan, dan jaringan lainnya di dekatnya juga bisa sedikit menyusut. Perubahan ini dapat mengurangi ukuran saluran nafas dan meningkatkan risiko mendengkur. Hanya 5 persen perempuan yang mendengkur pada usia tiga puluhan, namun pada usia di atas 50 tahun jumlahnya bisa mencapai 40 persen. Pada usia ini, jumlah wanita yang mendengkur sama banyaknya dengan laki-laki.

9. Posisi tidur tidak berpengaruh pada mendengkur
Salah. Tidur telentang lebih mendukung untuk mendengkur dibandingkan tidur miring.

10. Pil tidur dan obat penenang mengurangi mendengkur
Salah. Obat-obatan ini menyebabkan relaksasi otot dan meningkatkan peluang mendengkur.

Jadi itulah beberapa fakta unik dan menarik tentang yang sama sekali jarang di ketahui oleh banyak orang.
Demikian artikel tentang 10 Fakta Terbaru Tentang Ngorok Yang Jarang Diketahui Oleh Banyak Orang Rating: 5 Reviewer: oe! - ItemReviewed: 10 Fakta Terbaru Tentang Ngorok Yang Jarang Diketahui Oleh Banyak Orang. Jangan lupa untuk berkunjung kembali. Hello My name is Agus Wandi, but people call me Wandi. Here is my homepage: aneh-unik-seru.blogspot.com. I live in Indonesian, NM and work as an CEO at Aneh Unik. Agus Wandi—Artikel Review Rating: 5 out of 5 based on 7899999 reviews. Situs yang paling banyak memberi informasi penting, unik, dan menarik.